Review Indonesia – Dark Netflix Season 1

Saya enggak pernah menyangka kalau saya akan sesuka ini sama serial Dark. Sekilas dari sinopsisnya serial ini mirip dengan Stranger Things. Saya coba nonton episode pertama di season 1, alur lambatnya membuat saya bosan dan tidak melanjutkan serial ini.

Tapi wajah Jonas Kahnwald yang sedih mulu tapi imut :p bikin saya melanjutkan nonton episode kedua. Episode kedua masih memiliki alur lambat yang sama, tapi dari episode ketiga sampai seterusnya, alur cerita makin menarik. Dark melibatkan banyak sekali karakter yang saling berhubungan satu sama lain, yang membuat cerita ini rumit dan komplek. Nontonnya mesti konsen, scene per scene, dialog per dialog semuanya penting, agar tidak kebingungan nantinya ditengah jalan.

Penonton seperti diberi kepingan puzzle yang kita susun dari episode ke episode, hingga akhirnya terkuak misteri-misteri yang menjadi pertanyaan selama menonton serial ini.

Ini serial bisa saya bilang one of the best from Netflix sih.

Dark sendiri merupakan serial original Netflix dari Jerman. Sama seperti judulnya “Dark” serial ini memiliki suasana yang mencekam. Cinematography yang ditampilkan di serial ini memiliki tone yang gelap dihiasi dengan scoring theme yang membuat suasana makin muram. Sama sekali enggak ada unsur komedy diserial ini.

Serial ini mengambil latar kota Winden, Jerman. Sebuah kota kecil yang terkenal  sebagai penghasil listrik tenaga nuklir. Penduduk kota Winden jarang ada merantau pergi dari kota tersebut, sehingga para penduduknya tumbuh besar, menikah, punya anak sampe punya cucu dikota tersebut. Jadi kerumitan series ini dikarenakan para penduduknya yang saling berhubungan satu sama lain.

Kisah Dark dimulai pada Juni 2019.  Salah satu penduduk kota Winden, Michael Kahnwald sedang duduk di art studio yang berada  di loteng rumahnya sambil menulis sepucuk surat, kop surat tersebut bertuliskan “Do not open before November 4, 10:13 P.M.” Setelah itu Michael bunuh diri dengan cara mengantung dirinya di loteng tersebut.

Meninggalnya Michael, membuat putra Michael yang masih berusia 16 tahun Jonas trauma dan didiagnosa mengidap PSTD (Posttraumatic stress disorder), Jonas sering memimpikan sosok ayahnya yang sudah meninggal.

Karena itu Jonas dirawat dirumah sakit selama dua bulan. Sementara ibunya Jonas, Hannah Kahnwald semejak kepergian ayahnya malah berselingkuh dengan Ulrich Nielsen, seorang aparat kepolisian di kota Winden.

Ulrich merupakan teman masa kecil Hannah, dan sudah lama sekali Hannah menyukai Ulrich, tapi Ulrich lebih memilih untuk bersama Katharina (teman masa kecil Hannah dan Ulrich juga) yang sekarang menjadi istrinya.

Setelah dua bulan dirawat dirumah sakit, Jonas kembali kesekolah. Ia mendapati sekolahnya banyak ditempeli brosur mengenai telah menghilangnya teman sekelasnya, Erik Obendorf. Kembalinya Jonas kesekolah juga menjadi cemohan teman-temannya, yang menganggap Jonas freak karena harus menjalani terapi.

Untungnya sahabat karib Jonas, Bartosz Tiedemann langsung membela Jonas dan mengatakan kalau Jonas menghilang selama dua bulan karena mengikuti student exchange ke Prancis. Bartoz memang teman yang sangat baik, namun Jonas tidak bisa menutupi kekecewaannya ketika tau, kalo Martha Nielsen, cewe yang ditaksir Jonas malah sudah pacaran dengan Bartosz. Padahal sebelum Jonas sakit, Jonas sudah cukup dekat dengan Martha.

Yup nama belakang Martha adalah Nielsen, karena Martha merupakan anak dari Ulrich Nielsen, selingkuhan ibunya Jonas. Martha ini memiliki satu orang kakak laki-laki bernama Magnus, dan adik laki-laki bernama Mikkel. Ibunya Katarina merupakan kepala sekolah disekolah mereka.

Well, sepertinya yang dibilang diawal kalo Winden adalah kota yang kecil, jadi seluruh karakter saling berhubungan dan memiliki peran yang penting.

Misteri menghilangnya Erik membuat Bartosz bertanya-tanya apakah Erik masih menyimpan drugs yang dijualnya di sebuah goa yang berada di hutan kota Winden. Karena penasaran Bartosz kemudian mengajak Jonas untuk pergi ke hutan malam harinya. Rencana itu diketahui oleh Martha dan kakaknya Magnus. Mereka berdua lalu sepakat untuk ikut dengan Bartosz dan Jonas.

Malam harinya, Mikkel adik bungsu Martha dan Magnus tanpa diduga malah merengek ingin ikut mereka pergi kehutan. Jadilah Jonas, Bartosz, Martha, Magnus dan Mikkel pergi kehutan. Sesampai di gua yang berada di hutan, Franziska Doppler teman sekelas mereka sudah duluan berada di gua dan mengambil drugs milik Eric. Terjadi perdebatan antara Bartosz dan Franziska, yang kemudian terhenti karena suara aneh yang terdengar dari dalam gua, lampu senter yang mereka bawa berkedap kedip, membuat para remaja itu langsung lari menjauhi gua.

Mikkel yang paling kecil kesusahan mengejar kakak-kakaknya yang sudah lari terbirit-birit. Untung Jonas menyadari hal tersebut kemudian menunggu Mikkel dan lari bersama anak itu. Tapi tiba-tiba Mikkel menghilang dan Jonas kebingungan mencarinya.

Begitulah awal mulanya, Mikkel Nielsen menjadi anak kedua yang menghilang dikota Winden setelah Erik Obendorf.

Menghilangnya Mikkel membuat ayahnya Ulrich, begitu terpukul. Ulrich bersama rekan setimnya Charlotte Doppler (Ibu dari Franziska Doppler ) yang juga seorang polisi berusaha mengungkap misteri menghilangnya anak-anak tersebut.

Menghilangnya Mikkel, mengingatkan Ulrich mengenai kejadian yang menimpa dirinya 33 tahun lalu, dimana saudara Ulrich, Mads Nielsen juga menghilang secara misterius dan tidak pernah ditemukan.

Beberapa hari kemudian Ulrich menemukan sesosok mayat anak laki-laki di hutan, sosok mayat tersebut membuatnya terkejut karena sangat mirip dengan saudaranya Mads. Ulrich tidak percaya dengan hal tersebut, karena Mads telah menghilang lebih dari 33 tahun yang lalu.

Ulrich lalu mencoba mengaitkan kejadian hilangnya Mads dangan kasus menghilangnya Mikkel dan Erik. Penelusuran Ulrich berujung pada Gua yang berada ditengah hutan, apa yang ada didalam gua tersebut selalu menjadi misteri bagi penduduk kota Winden. Ulrich menelusuri gua tersebut dan berakhir dengan masuk ke kota Winden pada tahun 1953 (66 Tahun sebelum tahun 2017).

Jadi gua di kota Winden ini semacam portal yang bisa membawa seseorang ke waktu lampau.

Sementara itu Charlotte, mencurigai orang asing yang menemui anak keduanya Elizabeth (adik Franziska) bernama Noah, yang berpakaian seperti pastor.
Hal ini semakin mencurigakan dengan menghilangnya Yasin Friese, sahabat Elizabeth.

Wow ribet juga ya, tokohnya yang muncul cukup banyak di serial ini. Jadi nontonnya bisa memakai family tree no spoiler berikut ini.

Keluarga Kanhwald

Kahnwald family tree from 'Dark' (2017), a Netflix Original Series.

Sumber : HubPages

Tokoh utama dari serial Dark ini yaitu Jonas <3, berasal dari keluarga Kahnwald yang terdiri dari:

This 'Dark' Character Map Will Help You Make Sense Of The Show's ...
Daniel Kahnwald (Kemunculan: 1953)

Daniel Kahnwald adalah ayah dari Ines Kahnwald (neneknya Jonas). Pada tahun 1953, 66 tahun dari tahun 2019, Daniel adalah seorang chief police di kota Winden. Daniel ini menjadi bos dari Egon Tiedemann (Kakeknya Bartosz) yang saat itu masih jadi polisi muda.

Saat menjadi chief police, Daniel menemukan sebuah kasus aneh. Dimana terdapat dua mayat anak laki-laki yang berpakaian aneh (tidak berpakaian seperti orang-orang ditahun 50an) di lahan kontruksi yang akan dibangun pusat pembangkit listrik tenaga nuklir di WInden.  Dua mayat laki-laki tersebut ternyata adalah Erik Obendorf dan Yasin Friese yang menghilang di tahun 2019. Di waktu yang sama Helge Doppler yang masih kecil (Franziska Doppler, Mertua Charlotte Doppler) juga menghilang secara misterius.

Ulrich yang tanpa sengaja terlempar ke tahun 1953 untuk mencari Mikkel malah menemukan mayat Erik dan Yasin yang dicari-carinya ditahun 2019. Karena gelagat dan pakaiannya yang aneh, Ulrich lalu ditangkap oleh Daniel dan Egon, yang disuspect sebagai tersangka pembunuhan dua mayat laki-laki itu serta penculikan terhadap Helge.

 

Comprende la serie Dark: sinopsis, personajes y explicación ...
Ines Kahnwald (Kemunculan 1953, 1986, 2019)

Pada tahun 1953, Ines muncul sebagai teman dari Jana (Ibu Kandung Ulrich) yang sedang mengunjungi toko jam H.G Tannhaus. Ines membicarkan mengenai penemuan mayat dua laki-laki yang tidak dikenal oleh ayahnya kepada Jana. Kebetulan Ulrich yang datang dari tahun 2019 mendengar hal tersebut.

Pada tahun 1986, Ines bekerja sebagai perawat di Windeh Hospital. Ines ditugaskan untuk merawat Mikkel Nielsen. Yup, Mikkel menghilang di tahun 2019, dikarenakan dia enggak sengaja terlempar ke tahun 1986. Kepada Egon Tiedemann, polisi yang menemukannya, Mikkel mengaku dia adalah anak dari Ulrich Nielsen. Tentu saja hal tersebut enggak make sense buat Egon, dikarenakan pada saat itu Ulrich masih jadi anak SMA. Egon lalu membawa Mikkel kerumah sakit. Ines kemudian merawat Mikkel, dan merasa iba kepada anak itu yang tidak punya siapa-siapa.

DARK | The Official Guide for Season 1&2 | NETFLIX in 2019 | Home ...
Michael Kahnwald (Kemunculan tahun 2019)

Michael Kahnwald, adalah anak dari Ines dan suami dari Hannah. Pada tahun 2019, Michael melakukan bunuh diri dengan meninggalkan secarik surat. Kematian Michael dan surat yang ditinggalkannya merupakan kunci penting misteri yang di Kota Winden.

Comprende la serie Dark: sinopsis, personajes y explicación ...
Hannah Kruger (1986) / Hannag Kahnwald (2019)

Ini dia, ibunya Jonas yang jadi tokoh yang paling bikin saya kesel seantero Winden. Gimana enggak, Hannah ini tipikal wanita yang egois sekali.

Sejak kecil Hannah memang sudah sangat obsesi sama Ulrich. Tapi Ulrich ternyata lebih memilih Katharina ketimbang dirinya. Di Tahun 2019, dia malah menjadi selingkuhannya Ulrich. Hannah bekerja sebagai sebagai tukang pijat. Klien utama dari Hannah adalah, Aleksander Tiedemann (Ayahnya Bartosz), yang menjadi direktur di Winden Nuclear Power Plant,

Sebastian Kruger (Kemunculan 1986)

Sebastian Kruger adalah ayah dari Hannah dan kakek dari Jonas, yang hanya muncul sekali saja pada tahun 1986.

Discuss Everything About Dark Wiki | Fandom
Jonas Kahnwald (Kemunculan tahun 2019)

Jonas Kahnwald merupakan main character di serial Dark. Diperankan dengan sangat apik oleh aktor kelahiran Jerman, Louis Hofmann. Sekilas mukanya mirip sama pemain bola asal Spanyol, Fernando Torres :p

Jonas ini introvert, agak-agak kalem gitu. Makanya Martha Nielsen, anak gadisnya Ulrich kesemsem banget sama Jonas (Kisah mereka bakal diceritakan lebih jelas diseason 2). Jonas ini sayang banget sama bapaknya, kehilangan ayahnya bikin Jonas trauma hingga mengidap PTSD, Jonas selalu bertanya-tanya kenapa ayahnya bunuh diri, tapi Hannah ibu Jonas tampaknya enggak terlalu peduli dengan hal itu.

Suatu hari Jonas  bertemu dengan seorang menerima sebuah paket kiriman. Paket kiriman tersebut berisi surat peninggalan ayahnya, sebuah lampu center dengan desain modern, sebuah peta yang nampaknya peta dari gua misterius yang berada di kota Nielsen serta sebuah geiger counter (alat pengukur radiasi ionisasi).

Setelah membaca surat dari ayahnya, Jonas akhirnya mengetahui apa yang sesunggunya terjadi. Dengan barang-barang kiriman dari orang misterius. Jonas kemudian melakukan time travel melalui gua misterius di hutan, dan masuk ke tahun 1986.

Btw, Jonas ini memiliki ciri khas banget dengan raincoat kuning yang selalu dia kenakan.  Dibuat dengan sangat kontras dengan cinematography serial ini yang cenderung gelap.

 

Keluarga Nielsen

masuk ke keluarga kedua yaitu keluarga Nielsen, yang kelihatan cukup akrab dengan keluarga Kahnwald

Keluarga Nielsen merupakan keluarga yang paling sial nasibnya. Dua anggota keluarga mereka menjadi korban. Mad Nielsen hilang pada tahun 1986, disusul dengan menghilangnya Mikkel Nielsen pada tahun 2019.

Untuk sejarah keluarga Nielsen adalah sebagai berikut.

Agnes Nielsen | Dark Wiki | Fandom
Agnes Nielsen (Muncul pada tahun 1953)

 

Agnes Nielsen dan anaknya Troten Nielsen (Bapaknya Ulrich) pindah ke Winden pada tahun 1952. Mereka tinggal disebuah kamar yang disewakan oleh keluarga Tiedemann. Karena hal tersebut terjadi kedekatan antara keluarga Nielsen dengan Tiedemann. Agnes sendiri sangat dekat dengan Doris Tiedemann (Istrinya Egon Tiedemann), sedangkan Tronte dekat dengan Claudia anak dari Doris dan Egon.

Tronte Nielsen | An Exhaustive Guide to the Complex Web of ...
Tronte Nielsen (Kemunculan 1953, 1986, 2019)

Pada tahun 1953, Tronte pindah ke Winden bersama dengan ibunya Agnes. Mereka menyewa sebuah kamar dikediaman Tiedemann sebagai tempat tinggal. Darisana Tronte kecil jadi dekat dengan Claudia. Ayah Tronte dikatakan sudah meninggal, hanya tinggal saudara laki-laki ibunya, yang tidak cukup dekat dengan mereka.

Pada tahun 1986, Tronte bekerja sebagai jurnalis, ia menikah dengan Jana Nielsen dan memiliki dua anak laki-laki, Ulrich dan Mads. Tronte merasa tidak bahagia dengan pernikahannya, kemudian memiliki affair dengan Claudia teman masa kecilnya, yang sekarang menjadi direktur di Winden Nuclear Power Plant (Ya ampun bapak sama anak sama-sama suka selingkuh). Masalah yang dialami Tronte semakin runyam ketika anak keduanya, Mads tiba-tiba menghilang.

Jana Nielsen - Dark
Jana Nielsen (Kemunculan Tahun 1953, 1986, 2019)

Pada tahun 1953, Jana muncul sebagai sahabat baik dari Ines Kahnwald.

Pada tahun 1986, Jana mengalami depresi berkepanjangan karena menghilangnya Mads, anaknya. Depresi itu juga masih nampak pada Jana di tahun 2019.

Mads Nielsen (Kemunculan 1986)
Mads Nielsen menghilang pada 9 Oktober 1986, saat berusia 12 tahun. Ia menghilang saat pergi kehutan bersama dengan Regina Tiedemann (Anak Claudia Tiedemann). Ulrich menemukan mayat Mads pada tanggal 5 November 2019, dengan coin dan tali merah dilehernya, tanpa ada tanda-tanda penuaan. Mayatnya terdapat luka bakar dari mata hingga kebagian dalam telinga. 
Our character guide to Netflix's 'Dark'
Ulrich Nielsen (Muncul Tahun 1896 dan 2019)

Selain Jonas, Ulrich Nielsen juga merupakan salah satu main character di serial Dark.

Pada Tahun 1986, Ulrich ini ceritanya nakal banget disekolahnya, dan sering banget berurusan dengan Egon Tiedemman yang saat itu menjadi chief police di Winden. Hal itu memang ada alasannya, menurut Ulrich polisi Winden enggak becus mengurus case menghilangnya Mads, adiknya. Sebagai aksi pemberontakannya Ulrich sering memakai jaket dengan slogan “No Future” serta mendengarkan musik funk dikamarnya. Hal itu malah membuat Egon mengira Ulrich terlibat paham Satanism

Saat dewasa, Ulrich menjadi police officer yang keras kepala. Ia menikah dengan Katharina yang udah dikencaninya dari jaman high school, tapi ada affair deengan Hannah Kahnwald.

Kehilangan Mikkel di tahun 2019, membuat Ulrich makin terluka. Berkat sifatnya yang ngotot dan keras kepala, Ulrich dapat menemukan misteri menghilangnya Mads dan Mikkel.

Katharina Nielsen | An Exhaustive Guide to the Complex Web of ...
Katharina Nielsen (Muncul Tahun 1896 dan 2019)

Pada tahun 1896, Katharina adalah seorang siswi yang galak, dan suka membully Regina Tiedemann (Anak perempuan Claudia Tiedemann, Ibu dari Bartosz). Katharina berkencan dengan Ulrich Nielsen,

Pada tahun 2019, Katharina menjadi istri dari Ulrich dan menjabat sebagai kepala sekolah di Winden. Katharina dan Ulrich memiliki 3 anak, yaitu Magnus, Martha dan Mikkel.

 

Magnus Nielsen | Dark Wiki | Fandom
Magnus Nielsen (Muncul Tahun 2019)

Anak sulung dari Ulrich dan Katharina ini tipikal remaja nakal pada umumnya, hobi smoking pot dan main skater.  Kelihatannya cuek tapi sangat sayang sama adik-adiknya, Martha dan Mikkel. Di season 1 Magnus menunjukkan ketertarikannya pada Franziska Doppler, setelah sering mengikuti gadis itu karena curiga dengan hal yang disembunyikan oleh Franziska.

Dark season 3: Will we see future Bartosz in season 3? Who did ...
Martha Nielsen (Muncul Tahun 2019)

Martha Nielsen adalah anak kedua Ulrich dan Katharina. Sebenernya Martha dan Jonas udah saling suka tapi enggak jadian dari Bulan Juni 2019, tapi semejak Jonas menghilang setelah kematian ayahnya, Martha malah jadian sama Bartosz sahabatnya Jonas.

Martha ini rada kasian sih, udah kehilangan adiknya, dia juga masih bingung akan perasaannya sama Jonas padahal dia udah jadi pacarnya Bartosz.

Dark' Returns on Netflix – Things You Need to Remember Before ...
Mikkel Nielsen (Kemunculan Tahun 1986 dan 2019)

Di tahun 2019, Mikkel ikut dengan kakak-kakaknya, Jonas serta Bartosz mencari drugs yang ditinggalkan Erick dihutan. Karena suatu hal Mikkel menghilang dan terbangun ditempat yang sama. Dia lalu pergi kerumahnya namun mendapati bahwa penghuninya berbeda. Dia bertemu dengan ayahnya, Ulrich yang masih remaja. Mikkel lalu menyadari dia berada di tahun 1986.

Mikkel berusaha kembali ke tahun 2019, dengan menelusuri goa di hutan, namun dia malah jatuh dan patah tulang. Oleh polisi Mikkel dibawa kerumah sakit dan seterusnya dirawat oleh Ines.

 

Keluarga Tiedemann

Tiedemann family tree from 'Dark' (2017), a Netflix Original Series.

Keluarga Tiedemann, kalau bingung keluarga Tiedemann yang mana, saya biasanya mengingatnya dengan sebagai keluarga yang paling kaya di Winden :p.

Dibanding keluarga yang lainnya, keluarga Tiedemann memang punya rumah yang paling mewah dan bagus. Karena dua generasi dari keluarga Tiedemann menjadi direktur di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir Winden.

Silsihlah keluarga Tiedemann adalah sebagai berikut.

Egon Tiedemann | An Exhaustive Guide to the Complex Web of ...
Egon Tiedemann (Muncul Tahun 1953 dan 1986)

Egon Tiedemann merupakah ayah dari Claudia Tiedemann dan suami dari Doris Tiedemann.

Di masa mudanya di tahun 1953, bekerja sebagai polisi muda yang menemukan mayat Erik Obendorf dan Yasin Friese yang menghilang di tahun 2019.

33 tahun kemudian, di tahun 1986, Egon Tiedemann yang sudah pensiun berusaha melakukan penyelidikan terhadap case menghilangnya Mads Nielsen. Egon lalu menemukan sebuah fakta mengenai time traveling di kota Winden.

agnes and doris | Tumblr
Doris Tiedemann (Muncul Tahun 1953)

Doris, istri dari Egon muncul pada tahun 1953. Ketika Agnes Nielsen dan anaknya Tronte datang ke Winden, Doris menjalin hubungan spesial dengan Agnes.

Review of Dark on Netflix: Must-See TV | Stinger Universe
Claudia Tiedemann (Muncul Tahun 1953, 1986, 2019)

Claudia Tiedemann merupakah salah satu tokoh penting di serial Dark ini. Claudia adalah musuh utama dari sebuah perkumpulan rahasia bernama Sic Mundus. Claudia dan Sic Mundus terlibar perang dingin dalam mengontrol waktu.

Claudia merupakan anak dari Egon dan Doris. Sejak kecil emang udah kelihatan pinter sih soalnya sering ngajarin Helge Doppler (Kakeknya Fransizka). Claudia dewasa tumbuh menjadi career woman yang sukses, dan menjadi direktur perempuan pertama di Winden Nuclear Power Plant. Claudia tidak pernah menikah dan memiliki anak bernama Regina (Ibunya Bartosz). Claudia juga menemukan god particle yang mejadi komponan penting dalam time travel di winden.

Regina Tiedemann | An Exhaustive Guide to the Complex Web of ...
Regina Tiedemann (Muncul Tahun 1986, 2019)

Pada tahun 1986, Regina adalah remaja yang pendiam dan kesepian, sementara ibunya adalah wanita karir yang penuh percaya diri. Claudia, ibu Regina kerap mengkritik penampilan Regina. Ayah kandung Regina masih menjadi misteri, namun kemungkinan besar Tronte adalah ayah dari Regina.

Regina sering dibully disekolah, Pernah pada suatu hari Ulrich dan Katharina mengikat Regina di pohon sebagai prank. Untungnya Mads adik nya Ulrich menyelamatkan Regina.

Setelah Mads menghilang, Regina kerap disalahkan oleh Ulrich, karena Regina adalah orang yang terakhir bersama Mads saat Mads menghilang. Ketika Katharina dan Ulrich akan membully Regina lagi, seorang pemuda tiba-tiba datang dan menolong Regina. Pemuda tersebut bernama Aleksander Köhler.

Aleksander ternyata sedang terluka tembak ketika menolong Regina, Regina pun menolong Alek.

Pada tahun 2019, Regina pun menikah dengan Alek. Dan memiliki seorang anak bernama Bartosz.

Aleksander Tiedemann | An Exhaustive Guide to the Complex Web of ...
Aleksander Köhler (1986), Aleksander Tiedemann (2019)

Aleksander Tiedmann datang ke Winden pada tahun 1986. Dia sedang dalam pelarian dan terluka parah akibat peluru ditubuhnya. Ketika sedang melintasi hutan Winden, Alek melihat Regina yang sedang dibully oleh Ulrich dan Katharina. Alek lalu menyelamatkan Regina.

Alek berbohong kepada Regina dengan mengatakan dirinya bernama Aleksander Kohler, padahal nama aslinya adalah Boris Niewald. Sampai season kedua, masih belum terbongkar siapa sebanar

Di Tahun 2019, Alek telah menikah dengan Regina dan mengambil nama keluarga Regina. Dia menggantikan posisi Claudia sebagai direktur di Winden Nuclera Power Plant.

Dark season 3: Will we see future Bartosz in season 3? Who did ...
Bartosz Tiedemann (2019)

Bartosz Tiedemann adalah anak tunggal Regina dan Alek. Dia merupakan sahabat dekat Jonas. Namun ketika mengetahui Martha masih memiliki perasaan pada Jonas, hubungan pertemanan Bartosz dan Noah menjadi renggang.

Keluarga Doppler

Doppler family tree from 'Dark' (2017), a Netflix Original Series.

 

Bernd Doppler - Dark
Bernd Doppler (1953, 1986)

Bernd Doppler adalah ayah dari Helge Doppler. Pada tahun 1953 dia menjadi pendiri Nucler Power Plant di Winden. Yang selanjutnya dia digantikan oleh Claudia Tiedemann. Pada tahun 1953, keluarga Doppler cukup kaya raya, namun tidak dijelaskan bagaimana pada tahun 2019, rumah keluarga Doppler yang mewah itu diambil alih Regina, dan diubah menjadi hotel.

Greta Doppler | Dark Wiki | Fandom
Greta Doppler (1953)

Greta adalah istri dari Bernd, dan ibu dari Helge. Dari cara mendidik Helge, Greta kelihatan sangat tegas dan galak.

Helge Doppler [1953-1986-2019] | DARK | Cinémathèque
Helge Doppler (1953, 1986, 2019)
Di tahun 2019, Helge Doppler merupakan mertua dari Charlotte yang menderita dementia. Tokoh ini memiliki peran penting di season 1, jadi setiap scenenya harus disimak dengan baik.

Di tahun 1986, entah kenapa Helge bisa berakhir sebagai tukang bersih-bersih di Winden Nucler Power Plant, padahal ayahnya adalah pendiri perusahaan tersebut.

Untuk Helge tidak akan banyak saya bahas, karena cerita dia banyak mengandung spoiler.

Peter Doppler (2019)

Peter Doppler merupakan seorang terapist di Winden. Di awal season dia merupakan konseling bagi Jonas, yang mengidap PSTD akibat kematian ayahnya. Peter menikah dengan Charlotte dan memiliki dua anak yaitu Franziska dan Elisabeth

Pin on DARK
Charlotte Doppler (1986, 2019)

Charlotte merupakan istri dari Petter, yang bekerja sebagai kepala kepolisian di Kota Winden. Pada tahun 2019, Charlotte tengah menangani 3 kasus menghilangnya anak-anak di Winden.

33 tahun yang lalu, di tahun 1986. Juga terdapat kasus yang sama dengan pola yang sama.

H.G. Tannhaus | Dark TV Show Character List | POPSUGAR Celebrity ...
H.G Tannhaus (1986, 2019)

H.G Tannhaus merupakan kakek dari Charlotte. Charlotte adalah cucu angkatnya, setelah kedua orang tua Charlotte meninggal saat dia kecil. Tannhaus bekerja sebagai pembuat jam yang memiliki toko jam di Winden. Tannhaus merupakan penulis dari buku A Journey Through Time, sebuah buku yang berisi mengenai teori time travelling. Buku ini tentu sangat penting bagi organisasi Sic Mundus dan Claudia.

Selain itu Tannhaus juga membuat apparatus, sebuah mesin yang dapat membuat wormhole yang dapat membuat seseorang traveling ke 33 tahun yang lalu. Tannhaus membuat mesin tersebut dari blueprint yang diberikan oleh Claudia Tiedemann.

Franziska discovered by Julies on We Heart It
Franziska Doppler (2019)

Franziska adalah anak pertama dari Peter dan Charlotte. Franziska menekuni senam ritmik dan juga memiliki nilai yang bagus dikelas. Jonas dan Bartosz menganggap gadis itu nerd, dan semua orang cukup terkejut mengetahui Franziska pacaran dengan Magnus Nielsen.

Elisabeth Doppler | Dark Wiki | Fandom
Elizabeth Doppler (2019)

Elizabeth merupakan adik dari Franziska yang bisu.

Fiuuuh banyak banget kan tokoh-tokohnya. Setidaknya harus mengenal tokoh-tokoh dari 4 keluarga di Winden ini maka dijamin kamu bakal ketagihan nonton dark.

Selain 4 keluarga diatas juga ada dua tokoh ini yang cukup bikin penasaran di season 1

 

Dark Theories and Burning Questions: Jonas' Fate, That Back Tattoo ...
Noah

Di tahun 2019 dengan dandanan ala pastur, Noah ini sering seliweran di Winden, dan kerap mendekati anak-anak disana. Charlotte lah yang paling curiga kalau Noah ini ada kaitannya sama menghilangnya anak-anak di Winden.

DARK | The Official Guide for Season 1&2 | NETFLIX
The Stranger

Laki-laki misterius yang agak dekil ini, tiba-tiba datang ke Winden dan menginap di hotel miliki Regina. Dan siapakah dia ini sebenarnya?

Good Point:

  1. Writting serial Dark menurut saya lumayan rapi. Tokoh demi tokoh, scene per scene. Semua terkoneksi dengan baik. Sesaui tagline mereka “Everything connected”.
  2. Castingnya luar biasa, selain mereka mendalami peran mereka masing-masing dengan baik. pemeran kecil-muda-tua per tokohnya hampir mirip satu sama lain.
  3. Cara menyusun plotnya juga baik sekali, karena cerita nya makin lama makin menarik.

Bad Point

  1. Kalau kamu lagi pengen nonton yang ringan-ringan dan santai, Dark bukan tontonan yang tepat buat kamu.
  2. Tokoh-tokoh di serial ini bener-bener ga ada empatinya sama sekali satu sama lain.

Overall:

9.8/10

 

Review untuk Season 2 bisa dilihat disini

Leave a comment